Supervisi Kelas Pembelajaran Kolaborasi antar Mapel

Administrator
15 Nov 2025
Supervisi Kelas Pembelajaran Kolaborasi antar Mapel

Komposisi umum & setting

  • Lokasi: sebuah ruang kelas (sekolah) dengan meja dan kursi baris-baris seperti kelas formal.

  • Sudut pengambilan gambar: sudut agak melebar dari belakang/kanan sisi kelas, sehingga terlihat guru di depan, layar proyektor, dan beberapa siswa di meja.

  • Pencahayaan: cahaya alami masuk dari jendela kanan (terlihat tirai dan cahaya terang yang menerobos), sehingga bagian kanan agak lebih terang daripada kiri. Lampu ruangan kemungkinan menyala/atau tidak jelas.

Elemen visual utama

  • Guru/pemateri berdiri di depan dekat papan tulis dan layar proyektor; mengenakan hijab dan rok atau gamis panjang (berwarna lembut). Posisi tubuh menghadap ke siswa / layar—menunjukkan sedang menjelaskan atau mempresentasikan.

  • Layar proyektor menampilkan slide presentasi (wajah ikon / beberapa kotak warna), namun isi slide tidak terbaca secara detil karena jarak/kontras.

  • Overlay teks besar di tengah gambar yang merupakan judul/penjelasan video/foto: “Kolaborasi Mapel Bahasa Inggris & IPAS”. Di atasnya ada teks kecil: “Supervisi Pembelajaran Mendalam”. Di bawahnya tertulis “Kelas 10” dan ada baris teks lebih kecil yang memuat nama (tertulis pada overlay): “Ibu Desi Ramayanti S.Pd & Ibu Celmi Ermala, S.Pd” (ini teks yang terlihat pada gambar).

  • Siswa: beberapa siswa duduk menghadap depan; mayoritas mengenakan seragam berwarna biru (baju/kaos), beberapa siswa perempuan menggunakan hijab hitam. Mereka tampak memperhatikan guru atau layar.

  • Perlengkapan kelas: papan tulis panjang di dinding kiri, rak/lemari di dekat sudut depan kanan, meja guru kecil di depan, tas/air minum/pulpen di atas meja siswa.

Detail interior & ornamen

  • Di atas papan tulis terlihat foto-foto resmi (biasanya foto Presiden/Pejabat) dan lambang negara (Garuda) — umum di kelas/ruang sekolah di Indonesia.

  • Lantai berubin keramik berwarna terang; dinding berwarna krem/kuning terang. Kursi dan meja bertipe sekolah (meja single atau pasangan, rangka logam).

  • Jendela dengan tirai gelap berada di dinding kanan; sinar matahari menembus pola tirai sehingga membentuk area terang.

Aktivitas & konteks yang dapat disimpulkan

  • Gambar kemungkinan adalah dokumentasi kegiatan supervisi pembelajaran atau materi kelas kolaboratif antara dua mata pelajaran (Bahasa Inggris dan IPAS).

  • Judul overlay menunjukkan ini adalah kolaborasi antara guru Bahasa Inggris dan guru IPAS untuk kelas 10 — bisa berupa pelajaran bersama, model pembelajaran terintegrasi, atau rangkaian supervisi/monitoring.

  • Kehadiran overlay teks dan gaya tipografi yang besar mengindikasikan gambar ini kemungkinan screenshot dari video dokumentasi atau thumbnail video (mis. video kegiatan supervisi/pelatihan).

Suasana & interaksi sosial

  • Suasana terlihat teratur dan kondusif: siswa duduk rapi, menghadap ke depan; guru sedang aktif menyampaikan materi. Tidak tampak perilaku gaduh.

  • Interaksi visual menunjukkan fokus belajar (siswa memperhatikan), sehingga ini tampak seperti sesi pengajaran formal yang didokumentasikan.

Kualitas foto & saran teknis (jika tujuan adalah dokumentasi/video)

  • Kelebihan: komposisi menunjukkan konteks kelas, judul overlay jelas terbaca, suasana pembelajaran terekam.

  • Kekurangan: kontras layar proyektor vs cahaya jendela membuat isi slide sulit dibaca; pencahayaan jendela kanan terlalu terang sehingga ada area overexposed. Jika ingin membuat dokumentasi yang lebih baik:

    • Geser kamera sedikit ke arah depan agar layar dan guru lebih jelas.

    • Tutup tirai atau kurangi cahaya masuk sehingga konten proyektor terlihat kontras.

    • Gunakan mikrofon untuk merekam audio jelas jika ini video presentasi.