PSAS Ganjil 2025/2026

Administrator
02 Dec 2025
PSAS Ganjil 2025/2026

mengukir Prestasi, Mengasah Kompetensi: Refleksi Penilaian Sumatif Akhir Semester Ganjil SMK Bumi Siliwangi Bandung

Di penghujung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2025/2026, SMK Bumi Siliwangi Bandung kembali menyelenggarakan momentum puncak dalam proses evaluasi pembelajaran: Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS). Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 5 Desember 2025 ini bukan sekadar rutinitas akademik semata, melainkan sebuah proses strategis untuk mengukur capaian belajar peserta didik secara komprehensif, sekaligus refleksi nyata atas implementasi Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan karakter.

PSAS Semester Ganjil tahun ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas X, XI, dan XII, meliputi semua kompetensi keahlian yang ada di SMK Bumi Siliwangi, seperti Layanan Penunjang Kefarmasian Klinis dan Komunitas, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Desain Komunikasi Visual. Penyelenggaraan PSAS dirancang dengan prinsip adil, obyektif, transparan, dan terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila.

Filosofi dan Tujuan Penilaian
Penilaian Sumatif Akhir Semester ini memiliki multi-fungsi.Pertama, sebagai alat ukur utama untuk menentukan tingkat penguasaan peserta didik terhadap tujuan pembelajaran (TP) dan capaian pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan selama satu semester. Kedua, sebagai umpan balik (feedback) yang sangat berharga bagi seluruh pihak: bagi siswa untuk mengetahui kekuatan dan area perbaikan; bagi guru untuk mengevaluasi efektivitas metode dan materi pembelajaran; serta bagi sekolah dan orang tua untuk memetakan perkembangan akademik dan non-akademik peserta didik. Ketiga, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan pemetaan awal untuk persiapan pembelajaran di semester genap, termasuk program pengayaan dan remedial.

Pelaksanaan yang Terstruktur dan Kondusif
PSAS Ganjil 2025/2026 dilaksanakan dengan persiapan yang matang.Sebelumnya, telah diadakan Program Siliwangi Belajar Intensif (SIBI) selama seminggu untuk memantapkan pemahaman peserta didik. Jadwal ujian disusun secara proporsional, memperhatikan bobot mata pelajaran dan memberikan jeda yang cukup antara satu ujian dengan ujian berikutnya untuk meminimalisasi kelelahan.

Pelaksanaan ujian terbagi dalam dua bentuk utama:

1. Ujian Tulis dan Praktik Tertulis: Dilaksanakan di ruang kelas dan bengkel/laboratorium yang telah ditata secara steril. Soal-soal dirancang untuk mengukur dimensi kognitif (pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi, dan kreasi) dengan variasi soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang relevan dengan konteks dunia kerja dan industri.
2. Ujian Praktik Kompetensi Keahlian (UKK Pra-Sumatif): Merupakan ciri khas SMK, dimana peserta didik dinilai langsung kompetensi teknis dan proseduralnya. Dilakukan di bengkel, lab komputer, kitchen, atau lab simulasi bisnis dengan menggunakan peralatan dan standar kerja yang sesuai dengan industri. Penilaian praktik melibatkan aspek skill, sikap kerja (work attitude), keselamatan kerja (K3), dan kualitas hasil.

Seluruh proses pengawasan dilakukan oleh guru dengan penuh integritas, didukung oleh sistem pengawasan silang antar guru untuk menjaga kredibilitas dan kejujuran akademik (academic honesty). Suasana ujian berlangsung tertib, khidmat, dan kondusif.

Inovasi dan Penekanan Karakter
Tahun ini,PSAS juga mengakomodir penilaian terhadap proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang telah dilaksanakan sepanjang semester. Presentasi hasil proyek menjadi bagian dari penilaian sumatif untuk aspek kolaborasi, kreativitas, dan kontribusi sosial. Selain itu, penekanan pada karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab terus menjadi nilai yang diinternalisasi selama masa ujian, sejalan dengan visi sekolah membentuk insan yang cakap dan berakhlak mulia.

Peran Serta Seluruh Elemen Sekolah
Keberhasilan penyelenggaraan PSAS ini adalah hasil kolaborasi solid seluruh warga sekolah.Guru sebagai penyusun instrumen dan pengawas; Tata Usaha sebagai penyelenggara administratif dan logistik; Komite Sekolah dan Orang Tua yang memberikan dukungan motivasi dan doa; serta yang utama adalah peserta didik sebagai subjek yang menunjukkan dedikasi dan usahanya dengan optimal. Dukungan teknologi informasi juga dimaksimalkan untuk pendistribusian nilai dan pengolahan hasil.

Penutup dan Harapan
Dengan berakhirnya Penilaian Sumatif Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2025/2026,SMK Bumi Siliwangi Bandung telah meletakkan sebuah batu pijakan penting dalam perjalanan pendidikan peserta didiknya. Data yang dihasilkan dari PSAS ini akan menjadi peta navigasi yang jelas untuk menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif, personal, dan relevan dengan kebutuhan zaman di semester mendatang.

Kepada seluruh peserta didik, apapun hasil yang nanti diperoleh, yang terpenting adalah proses belajar dan usaha keras yang telah ditunjukkan. Hasil ini adalah cermin untuk bangkit lebih kuat. Selamat beristirahat setelah berjuang, semoga hasilnya menjadi berkah dan motivasi untuk menggapai kompetensi yang lebih tinggi di Semester Genap. SMK Bumi Siliwangi Bandung siap terus melangkah bersama, mengukir prestasi, dan mengasah kompetensi menuju generasi Indonesia Emas 2045.

Salam Prestasi dan Kompetensi,

SMK Bumi Siliwangi Bandung
“Unggul dalam Mutu, Berwawasan Global, Berlandaskan Imtaq.”